VerD

Digital Marketing Sebagai Senjata Pamungkas UMKM menghadapi Era Digital

-

Pandemi Covid-19 lalu telah membuka mata para pelaku UMKM untuk mentransformasi usaha mereka kedalam bentuk yang baru mengikuti perkembangan zaman. Sosial media merupakan platform yang bisa diandalkan sebagai media promosi saat ini, hal ini karena sosial media memiliki jangkauan yang sangat luas sehingga sangat cocok sebagai media pemasaran. Namun demikian, sosial media memiliki batasan batasan tertentu dalam penggunaannya.

Untuk itu, sebagai pelaku UMKM di era digital, tentu harus mencari solusi pemasaran terbaik serta efisien yang dapat menaikan penjualan ditengah beratnya persaingan bisnis di era digitalisasi. Digital marketing adalah solusi tepat yang dapat dilakukan oleh UMKM. Digital marketing adalah sebuah strategi dalam pemasaran yang memanfaatkan teknologi seperti media sosial, email marketing serta website sebagai media pemasaran suatu produk.

Digital Marketing Dalam Mendukung UMKM Go Digital

Dalam bahasa indonesia, digital marketing adalah pemasaran digital. Pemasaran digital merupakan salah satu strategi yang memanfaatkan media digital sebagai media promosi. Pernah melihat iklan di TV? mengunjungi sebuah website? atau menjumpai promosi di sosial media? itulah beberapa bentuk penerapan digital marketing.

Pada dasarnya teknik pemasaran digital menjadi senjata yang ampuh dalam melakukan pemasaran di era digital. Berdasarkan data yang kami ambil dari indonesiabaik.id berdasarkan hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII),  setidaknya ada 215,63 juta pengguna internet di indonesia. Ini artinya sekitar 78% masyarakat di Indonesia menggunakan internet. Hal ini menjadikan Go Digital merupakan sesuatu yang harus dilakukan sebagai bentuk pemasaran produk yang kita tawarkan.

Terdapat banyak cara melakukan pemasaran melalui platform digital, seperti dengan membuat sebuah website, memasarkan produk melalui email marketing serta yang paling banyak dilakukan adalah dengan melakukan pemasaran melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, Youtube dan lainnya.

Manfaat Digital Marketing

Setelah sebelumya dijelaskan mengenai pengertian dari digital marketing serta faktor-faktor yang melandasi perlu dilakukannya strategi pemasaran melalui platform digital. Selanjutnya kami akan membahas mengenai manfaat dari pemasaran secara digital.

Pasca Covid-19, masyarakat seolah memiliki kebiasaan baru yakni dengan berbelanja melalui e-commerce di ponsel mereka. Hal ini tentu demi fleksibilitas serta kemudahan yang akan didapatkan dengan membeli atau menjual sesuatu secara online. Berdasarkan hal tersebut, tentu pelaku UMKM harus memanfaatkan sebaik mungkin peluang yang ada untuk menjalankan bisnis mereka secara online.

Diterapkannya digital marketing dalam sebuah bisnis memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah :

1. Mengakses Lebih Banyak Konsumen

Dunia digital tidak memiliki batasan ruang dan waktu. Jaringan-jaringan digital akan selalu terhubung selama 24 jam dalam sehari, 7 hari dalam seminggu dan sepanjang tahun menghubungkan suatu informasi ke seluruh dunia.

Dengan melakukan pemasaran secara digital, tentu produk/jasa yang ditawarkan akan disebarkan ke seluruh dunia melalui internet sehingga dapat dilirik oleh pelanggan potensial di seluruh belahan dunia.

2. Biaya Yang Dikeluarkan Lebih Murah

Biaya yang dikeluarkan dalam melakukan pemasaran secara digital tentu akan lebih murah dibanding pemasaran secara tradisional. Bayangkan anda menghabiskan banyak uang untuk memasang iklan melalui spanduk, poster atau sebagainya yang mana anda tidak tahu apakah telah sesuai dengan target pasar anda atau tidak.

Tentu akan lebih murah dengan memanfaatkan strategi pemasaran secara digital, terlebih sekarang banyak tool yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan penilaian anda dalam mencari dan menentukan target pasar anda. Meski memang tidak ada salahnya melakukan strategi pemasaran secara tradisional terlebih jika target pasarnya memang itu.

3. Meningkatkan Reputasi Brand

Sebelum melakukan transaksi, umumnya konsumen melakukan riset melalui internet sebelum memutuskan melanjutkan bertransaksi. Dengan menerapkan strategi pemasaran digital yang baik, bisnis yang kita jalankan akan lebih mudah ditemukan oleh konsumen, selain itu tentu akan meningkatkan reputasi brand sehingga calon konsumen akan tertarik dengan produk yang kita tawarkan.

Selain yang telah disebutkan diatas, masih banyak manfaat dalam melakukan strategi digital marketing dalam menjalankan sebuah bisnis.

Website Sebagai Senjata Digital UMKM Untuk Meningkatkan Penjualan

Website adalah platform digital yang dapat digunakan sebagai media informasi yang dapat diakses melalui internet oleh semua orang di seluruh penjuru dunia. Dalam konteks digital marketing, website memiliki peranan penting dalam mendukung strategi pemasaran secara digital.

Website memiliki fleksibilitas lebih dibandingkan dengan sosial media, hal ini karena hak kendali sebuah website merupakan hak pemilik website tersebut dan tidak diatur oleh pihak manapun. Dalam praktiknya, website dapat dikustomisasi dalam bentuk apapun seperti misalnya e-commerce, landing page dan sebagainya.

Saat ini sudah banyak pelaku UMKM yang memanfatkan sebuah website sebagai bagian dari strategi pemasaran, hal ini salah satunya karena dengan adanya sebuah website dapat meningkatkan kepercayaan konsumen pada bisnis yang kita jalankan. Seiring dengan banyaknya bisnis yang beralih meggunakan website sebagai bentuk strategi pemasaran, kini sudah banyak tool yang dapat membantu UMKM dalam membuat konten bahkan membuat website itu sendiri.

Dalam praktiknya, website tidak dapat berdiri sendiri tanpa adanya web hosting, domain serta strategi yang baik. Untuk itu hal-hal tersebut harus dipenuhi sehingga website dapat diakses secara luas dan dapat menarik minat konsumen untuk bertransaksi.

Memilih Nama Doman Yang Sesuai

Ibarat rumah, domain merupakan alamat dari rumah tersebut, sehingga dalam memilih nama domain harus sesuai dengan bisnis serta target pasar yang kita tuju. Domain memiliki sifat unik, dimana satu nama domain hanya dapat dipakai untuk satu website sehingga satu alamat domain hanya dapat digunakan untuk satu website. Misalnya saat anda mengakses newaspira.com maka anda hanya akan dialihkan untuk mengakses website ini.

Selain sesuai dengan bisnis yang kita jalani, pemilihan nama domain juga harus unik dan mudah diingat oleh konsumen, jangan terlalu menggunakan banyak angka-angka yang tidak diperlukan dan usahakan menggunakan nama domain yang pendek. Selain itu, anda juga harus membeli domain di provider yang terpercaya sehingga dapat terhindar dari masalah masalah yang akan datang dimasa depan.

Domain murah dari exabytes.co.id

Penawaran domain dari Exabytes Indonesia

Misalnya anda membeli domain di Exabytes Indonesia yang merupakan provider yang telah dipercaya oleh ribuan UMKM baik di Indonesia maupun internasional yang menyediakan domain murah baik TLD seperti .com, .org, .net dll maupun domain Indonesia seperti .id, .co.id, dll.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pemilihan domain harus disesuikan dengan bisnis yang kita jalani misanya saat kita membuat website tentang produk kecantikan, kita harus tau ekstensi serta nama domain seperti apa yang harus digunakan. Selain itu, mententukan target pasar utama juga harus dilakukan, jika target pasarnya merupakan konsumen dari Indonesia, domain Indonesia seperti .id, .co.id serta .biz.id merupakan ekstensi domain yang cocok untuk website kita.

Memilih Provider Hosting Terbaik

Prvider Hosting Terbaik

Selain pemilihan nama domain yang tepat, memilih provider hosting terbaik juga perlu dilakuan agar website kita dapat diakses dengan cepat dan mudah. Hosting sendiri adalah tempat menyimpan data data yang diperlukan oleh sebuah website, jika domain adalah alamat rumah maka hosting adalah rumah itu sendiri.

Promo web hosting exabytes.co.id

Pemilihan provider hosting harus dilakukan dengan cara seksama, hal ini karena kita akan mempercayakan data-data penting yang ada di website kita bahkan termasuk data pribadi baik dari pemilik website maupun konsumen untuk disimpan di hosting tersebut. Pemilihan web hosting yang sesuai dan pas dengan budget yang kita miliki harus diperhatikan, karena akan berpengaruh kepada kenyamanan website kita nantinya saat diakses oleh konsumen.

Exabytes Indonesia merupakan penyedia web hosting murah di Indonesia yang memberikan berbagai paket dari yang termurah hingga untuk kebutuhan bisnis yang besar seperti wordpress hosting, cpanel hosting, server bahkan cloud.

Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun, Exabytes telah ikut serta mensukseskan UMKM untuk beralih menggunakan platform digital melalui sebuah website. Selain itu, selaku penyedia web hosting indonesia, Exabytes juga kerap menyelenggarakan event yang ikut serta dalam mendorong perkembangan UMKM untuk go digital di Indonesia.

Menentukan Strategi Terbaik

Menentukan strategi pemasaran terbaik tentu menjadi hal yang penting mengingat suatu hal yang tidak dilandasi dengan strategi yang baik akan menjadi suatu hal yang sia-sia. Terlebih, banyak UMKM diluar sana yang telah menerapkan strategi pemasaran yang baik sehingga jika kita tidak memiliki strategi tentu usaha yang kita miliki akan sulit untuk berkembang.

Membuat konten menarik akan menjadi nilai tambah untuk mengenalkan produk kita kepada publik, selain itu pemanfaatan email marketing dapat ikut serta berkontribusi dalam mengenalkan produk kita lebih luas lagi. Selain itu, pemanfaatan sosial media sebagai bentuk pendekatan kepada calon konsumen akan sangat membantu dalam meningkatkan kepercayaan kepada konsumen.

Anda bisa memanfaatakn tool di internet sebagai bahan acuan dalam pembuatan konten, mencari kata kunci atau mengetahui trend apa yang sedang populer saat ini.

Itulah ulasan kami terkait dengan digital marketing, yang merupakan strategi pemasaran baru yang megikuti perkembangan zaman dengan memanfaatkan digitalisasi sebagai motor penggerak untuk memasarkan suatu produk.

Harap berkomentar dengan bahasa yang baik demi menjaga kondusifitas di kolom komentar. | Let's be respectful to each other in the comments to keep the conversation going.