VerD

YM-Pro v1 Sebuah Proyek IoT Saklar Otomatis

-

IoT atau Internet of Thinks merupakan sebuah perangkat yang memungkinkan kita mengontrol atau memonitoring sesuatu dengan memanfaatkan internet.

Kami (YM-Pro) mengerjakan sebuah proyek berupa tugas yang diberikan oleh sekolah berupa perakitan produk dalam mata pelajaran PKK, dalam hal ini kami membuat sebuah perangkat IoT berupa saklar otomatis yang memungkinkan pengguna untuk menyalakan atau mematikan sesuatu melalui internet.

Kami beri nama proyek ini sebagai YM-Pro v1 karena ini merupakan proyek pertama kami dalam kelompok ini. 

Tentang YM-Pro v1

Dalam proyek ini kami memanfaatkan sebuah board microcontroller yang cukup populer yakni esp8266 serta beberapa sensor seperti sensor suara dan sensor cahaya.

Kenapa memakai sensor-sensor tersebut? karena kami menyiapkan 3 mode dalam perangkat ini yakni perangkat dapat dikontrol dengan sensor suara (tepuk), sensor cahaya, serta secara manual melalui internet. Yang tentunya ketiganya tidak dapat diakses secara bersamaan karena kami memahami bahwa hal ini dapat menimbulkan trouble dalam pembuatannya.

Sehingga dibuatlah switch yang memungkinkan anda dapat mengatur mode apa yang akan dipakai. Switch ini tidak disediakan secara fisik di perangkat, namun dapat diakses melalui situs lokal yang dapat dibuka setelah anda terhibing di perangkat (Cara menghubungkan ponsel/device lain ke perangkat dapat dibaca pada cara penggunaan).

Kekurangan dari perangkat yang telah dibuat adalah kinerja sensor suara yang kurang maksimal karena terkadang berimbas kepada relay yang terus menerus nyala lalu kembali mati. Selanjutnya, kontrol internet yang hanya berlaku jika device anda terhubung langsung dengan akses poin YM-Pro v1 sehingga jarak kontrolnya terbatas.

Selain daripada itu kami berupaya untuk terus berkreasilagi dalam pembuatan proyek berikutnya.

Kode Program

Berikut merupakan kode program untuk perangkat ini:

Wiring Diagram

Berikut merupakan denah pengkabelan yang digunakan dalam perangkat ini:
Kunjungi laman Github untuk mendapat informasi lebih lanjut: YM-Pro v1

Harap berkomentar dengan bahasa yang baik demi menjaga kondusifitas di kolom komentar. | Let's be respectful to each other in the comments to keep the conversation going.