VerD

Kenapa Belajar Pemrograman?

-
Pemrograman

Pemrograman, istilah ini pasti sering terdengar utamanya oleh pengguna internet. Saat ini pemrograman cukup diminati karena memiliki prospek kerja yang cukup luas. Terlebih dengan digitalisasi yang kini mulai digencarkan, membuat banyak korporasi yang bergerak dalam bidang teknologi banyak merekrut talenta-talenta yang menguasai teknologi utamanya pemrograman ini.

Banyak hal yang dapat kita lakukan dengan program, misalnya membuat aplikasi, membuat situs web dan lain lain. Bahkan dalam hal non teknis pun pemrograman ini memiliki dampak yang sangat baik. Lantas apa saja sih keuntungan bila kita belajar pemrograman?

Pemecahan Masalah

Sejak awal pembuatan kode program, sudah tentu memiliki suatu tujuan yang intinya adalah untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang ada. Misal, sistem online shop yang memungkinkan anda berbelanja tanpa harus keluar ruangan dll.

Pernah mendengar istilah bug/error? nah, setiap programmer akan ditantang untuk mengatasi hal tersebut sehingga pada dasarnya dengan belajar pemrograman kita dapat belajar mengenai penyelesaian suatu masalah dengan baik. Hal ini tentu dapat dibawa kedalam dunia nyata yang bahkan lebih kompleks.

Kreatifitas dan Inovasi

Pemrograman merupakan hal yang memungkinkan kita untuk menciptakan solusi untuk masalah dunia nyata. Dengan pemrograman, kita dapat mengembangkan sebuah aplikasi, software, atau bahkan robot yang dapat mengubah cara kita bekerja, bermain, dan berkomunikasi.

Dari hal itu, tentu pemrograman ini akan memicu kita untuk dapat berpikir kreatif dan terus meciptakan inovasi-inovasi canggih di masa depan.

Pemahaman Lebih Mendalam tentang Teknologi

Karena terkait erat dengan teknologi, tentu pemrograman tidak bisa dipisahkan begitu saja dengan teknologi. Bagaimanapun, pemrograman berupakan bagian yang penting terkait dengan hal ini.

Pun dengan teknologi yang merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Karena sudah pasti kita selalu memanfaatkan teknologi dalam kehidupan ini, misalnya saat ini anda sedang membaca sebuah tulisan dengan menggunakan browser yang merupakan bukti dari teknologi.

Dengan pemrograman, kamu dapat memahami lebih baik cara kerja software, website, aplikasi, dan bahkan hardware. 

Pengetahuan ini dapat membantu kamu mengambil keputusan yang lebih cerdas tentang penggunaan teknologi dalam kehidupan pribadi maupun profesional.

Selain dari hal diatas, masih banyak manfaat pemrograman yang sekalipun kita tidak berkarir dalam bidang teknologi. Hal ini karena pemrograman sendiri dapat diaplikasikan dalam kehiupan kita sehari hari meskipun tentu akan sedikit berbeda dari cara berpikir komputer.

Yang dapat kita simpulkan adalah, pemrograman merupakan ilmu yang memiliki cakupan yang sangat luas sehingga pemanfaatannya juga cukup banyak tergantung dari bagaimana kita memanfaatkan pemrograman itu sendiri.

Harap berkomentar dengan bahasa yang baik demi menjaga kondusifitas di kolom komentar. | Let's be respectful to each other in the comments to keep the conversation going.