VerD

Blogger vs Wordpress, Lebih Bagus Yang Mana?

-

Apakah kamu masih bingung memilih Blogger Atau Wordpres Untuk menjadi pilihan tepat membuat Website? Jika benar, kalian bisa simak pembahasan kali ini tentang platform mana yang lebih tepat buat kamu.

Saat ingin memulai membuat website pastinya kamu perlu mengeluarkan pengorbanan bukan, sebenarnya bukan pengorbanan juga sih. Tapi intinya kamu harus menguasai hal hal penting tentang website yaitu SEO, Promosi dan sebagainya.

Namun Ada sedikit masalah untuk Pemula yang ingin membuat website nya, yaitu pemilihan Platform mana yang paling tepat untuk menghandle web mereka apakah Blogger atau Wordpress.

Perbedaan Wordpress.com dan Wordpress.org

Sebelum mengupas lebih dalam tentang Wordpress dan Blogger, pasti kamu tahu kan Wordpress.com dan Wordpress.org

Mungkin untuk sebagian orang awam menganggap kedianya sama, namun tahukan kalian kedua platform tersebut sebenarnya sangat berbeda.

Agar tidak bingung memilih platform mana yang lebih tepat, akan kami jabarkan berikut.

1. WordPress.com

Yang pertama adalah Wordpress.com, kalian tahu dong Wordpress.com itu apa? Yap, Wordpress.com merupakan platform untuk membuat blog berbasis Wordpress yang bisa kamu dapatkan secara Gratis.

Adapun paket Gratis dalam Wordpress.com masih sangat terbatas, seperti kamu tidak bisa mengganti domain kamu dengan domain custom seperti .com .id dan sebagainya.

Dalam paket Gratis kamu hanya di izinkan memakai subdomain dari Wordpress seperti namadomain.wordpress.com. oleh karena itu mereka juga menyediakan paket premium dengan rincian harga sebagai berikut

Personal ($60/tahun), Premium ($132/tahun), Business ($429/tahun)

Gak lengkap dong kalau kita tidak membandingkan Kekurangan dan Kelebihan dari dua Platform ini.

a. Kelebihan

Wordpress.com adalah pilihan tepat untuk kamu blogger pemula. dalam paket Gratis saja kamu bisa mendapatkan memori hingga 3 GB.

Itu sudah sangat cukup bagi kamu yang hanya membuat blog hanya untuk bersenang senang atau untuk menyimpan catatan kamu saja.

b. Kekurangan

Ada banyak batasan tentunya saat menggunakan Wordpress.com. apalagi jika kamu menggunakannya dalam versi yang Gratis.

Dalam versi gratis, kamu akan mendapati Iklan dari Wordpress yang ada di blog kamu. Ya meskipun itu masih gak terlalu masalah sih.

Tapi kalau emang kalian menganggap banner tersebut menggangu, kalian bisa menghapusnya juga kok. Caranya cukup mudah kalian hanya perlu mengupgrade paket kamu minimal ke Personal untuk mendapatkan fitur yang lebih.

Selain itu wordpress.com juga sangat membatasi jenis iklan yang ingin ditampilkan di situs Wordpress kalian. Mereka tidak mengizinkan iklan selain WordAds seperti Google Adsense dan sejenisnya untuk tampil.

Wordpress.com juga tidak mengizinkan seseorang untuk mengupload plugin ataupun theme ke dalam situs wordpress mereka. Kamu hanya boleh mendownload Tema ataupun Plugin yang sudah disediakan saja.

Selain itu Wordpress juga memiliki kekurangan yaitu tidak bisa memasang kode untuk melacak statistik pengunjung seperti Google Analytics, kecuali kamu menggunakan paket Bisnis.

Selain itu wordpress.com juga memiliki aturan yang sangat ketat salah satu hukuman mereka yang cukup fatal ialah website kamu bisa dihapus kapan saja jika kamu melanggar syarat dan ketentuan mereka.

2. WordPress.org

Wordpress.org mempunyai popularitas yang cukup tinggi, Platform ini sangat cocok untuk segala bisnis seperti Portal Berita, Ecommerce, Profil dan sebagainya. Untuk menginstall nya juga cukup mudah bisa dengan cara mengupload file ke hosting atau yang paling mudah bisa memakai Softacolous auto install yang sudah di sediakan di hosting kamu.

a. Kelebihan

Di platform ini kamu adalah pemilik yang mempunyai hak penuh untuk menata website kamu tidak seperti Wordpress.com yang sangat dibatasi.

Kamu juga bisa mendownload segala jenis plugin dan tema yang tersedia di Wordpress.org secara gratis, Platform ini bersifat open source yang artinya kamu bisa mengupload tema ataupun plugin yang tidak tersedia di Wordpress.org

b. Kekurangan

Wordpress.org juga pastinya memiliki kekurangan dong, meskipun ini merupakan hal wajar sih kalau kamu ingin membuat website.

Diantaranya kamu harus mengeluarkan uang untuk membeli sebuah domain beserta hosting. Hosting yang dijual banyak jenisnya, ini tergantung kamu ingin menggunakannya untuk apa.

Tidak seperti Wordpress.com yang serba otomatis kamu perlu melakukan update manual yang bisa kamu lakukan di panel admin wordpress kalian. Meskipun sekarang buat update udah bisa otomatis sih. Selain itu kamu juga perlu membackup website kalian secara rutin untuk menghindari masalah yang tidak di inginkan, untuk proses backup ini juga bisa kok dilskukan secara otomatis lewat plugin.

Dapat dilihat di atas fitur Wordpress.com sangat terbatas untuk paket Gratis/Personal nya.

Jika kamu ingin menulai website kamu menggunakan Wordpress.com versi gratis, kamu harus siap dengan banner Wordpress yang ada diwebsite kamu. Dan jangan harap bisa mendapatkan uang dari iklan seperti Google Adsense.

Untuk kontrol yang lebih lengkap kamu perlu mengupgrade paket Wordpress kamu ke paket bisnis dengan biaya $429/tahun atau sekitar Rp. 6.150.015 (jika $1 = RP. 14.335).

Sedangkan jika kamu menggunakan wordpress.org itu akan lebih murah, banyak penyedia hosting yang menawarkan dengan harga yang sangat rendah. Contohnya kami menawarkan paket hosting termurah kami dengan harga Rp.260.000 an per tahun saja.

WordPress vs Blogger (Blogspot)

Setelah kamu tahu perbedaan antara Wordpress.com dan Wordpress.org kamu harusnya sudah bisa memilih platform mana yang lebih baik untuk menghandle website kamu, selanjutnya aadalah nembandingkan antara Wordpress dan Blogger mana sih yang Lebih baik.

Apa perbedaan WordPress dan Blogger?

Dalam hal ini Wordpress yang kita bandingkan dengan Blogger (blogspot) adalah Wordpress.org ya.

1. Kepemilikan

a. Blogger (Blogspot)

Jika kamu menggunakan Blogspot, Kamu tidak perlu pusing untuk membayar biaya bulanan apapun, kamu hanya perlu akun Gmail untuk mendaftar di Situs Blogger.

Blogger atau Blogspot merupakan layanan yang dimiliki oleh Google dan kamu tidak memiliki kontrol penuh terhadap website kamu yang artinya website kamu bisa di hapus kapan saja jika melanggar Syarat dan Ketentuan mereka

b. WordPress

Beda dengan Blogspot, jika Anda menggunakan WordPress sebagai platform untuk website Anda, maka kamu harus mempunyai hosting yang bisa disesuaikan sesuai kebutuhan.

Kamu juga bisa menentukan seberapa lama website kamu berada di internet, selain itu kamu juga memiliki kendali penuh terhadap website kamu dan tidak ada batasan seperti blogger.

2. Tampilan

a. Blogspot

Untuk tampilan template Blogger cukup terbatas. Hanya ada beberapa tema yang bisa di download gratis ke akun kamu.

Namun, kamu juga bisa mengcustom tampilan Blogger kalian atau lebih gampang ya kamu bisa nembeli tema dari pihak ketiga. Di Indonesia juga banyak kok pembuat tema blogger yang bagus.

b. WordPress

Salah satu keuntungan memakai Wordpress ialah terdapat ribuan tema wordpress yang bisa di install, Yang tentunya akan membuat website kamu terlihat lebih profesional.

3. Kontrol

a. Blogspot

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kamu tidak memiliki kontrol penuh pada website yang kamu bangun di Blogger. Sebagai contoh kamu tidak bisa mengganti stuktur permalink pada website kalian karena itu sudah default dari sana.

b. WordPress

Karena WordPress merupakan software open source, sehingga dengan mudah kamu dapat menambahkan fitur fitur baru. Untuk menambahkan fitur baru, kamu tidak perlu menguasai pemrograman, cukup menginstal plugin sesuai dengan jenis fitur yang diinginkan.

Sebagai contoh, ketika kalian ingin membuat toko online yang dilengkapi shopping cart, cukup menginstal plugin WooCommerce dan melakukan beberapa pengaturan sesuai petunjuk.

4. Keamanan

a. Blogspot

Yang bagus dari blogger ialah sistem keamanannya, blogger sendiri merupakan anak perusahaan dari Google. Tentunya sudah sudah jelas kan sistem keananannya.

Namun sewaktu waktu bisa saja blog kamu bisa di hapus oleh blogger, tapi itu bisa tidak terjadi kalau kamu tetap mengikuti peraturan.

b. WordPress

Untuk keamanannya sendiri wordpress bisa di bilang cukup baik, itu karena skripnya selalu mengalami update. Namun kamu harus tetap melakukan backup secara berkala demi keamanan website mu.

Apakah Bisa Pindah dari Blogspot atau WordPress Gratis ke WordPress.org?

Jawabannya bisa! keduanya bisa dipindahkan misal dari Blogger ke Wordpress.org atau dari Wordpress.com ke Wordpress.org namun caranya tentunya berbeda, kamu bisa mencari tutorial di platform kesayangan mu ya!

Kesimpulan

Untuk memilih platform mana yang cocok tentunya kembali ke tujuan kamu membuat website. Kalau tujuan nya buat blog biasa Blogger aja sudah cukup, sedangkan kalau tujuan dari membuat website adalah untuk mengelola bisnis kamu seperti toko online dan lainnya, Wordpress.org merupakan pilihan tepat untuk memulai.

Jika kamu ingin memulai blog kamu dari Wordpress kamu bisa daftar aja layanan hosting gratis mau pun premium dari kami disini. Catatan aja, untuk paket hosting gratis tidak boleh digunakan untuk mengelola bisnis kamu. Hosting gratis disediakan hanya untuk tujuan belajar saja.


Harap berkomentar dengan bahasa yang baik demi menjaga kondusifitas di kolom komentar. | Let's be respectful to each other in the comments to keep the conversation going.