VerD

Mengenal Struktur Dasar HTML : Heading & Paragraf

-
Mengenal Struktur Dasar Pemrograman : Heading

HTML (Hypertext Markup Language) adalah bahasa markup yang digunakan untuk membangun struktur dan mengatur konten di web. Dalam pembuatan halaman web, penggunaan heading dan paragraf sangat penting untuk memberikan struktur dan pemahaman yang baik terhadap informasi yang disajikan. Mari kita bahas lebih lanjut mengenai penggunaan heading dan paragraf dalam HTML.

Heading (Judul)

Heading digunakan untuk menandai judul atau bagian-bagian penting dalam halaman web. HTML menyediakan enam tingkatan heading, dimulai dari `<h1>` hingga `<h6>`, dengan `<h1>` sebagai yang paling utama dan `<h6>` sebagai yang paling rendah. Berikut adalah contoh penggunaan heading:

See the Pen Learn-Heading by verD (@itsverd) on CodePen.

Dalam contoh di atas, `<h1>` digunakan untuk judul utama, `<h2>` untuk sub judul, dan seterusnya. Penggunaan heading yang sesuai membantu pembaca memahami struktur dan hierarki informasi dalam halaman.

Paragraf

Paragraf digunakan untuk menampilkan teks atau konten dalam satu blok atau unit. Tag `<p>` digunakan untuk mengelilingi teks paragraf. Berikut adalah contoh penggunaan paragraf:

See the Pen Learn-Paragraph by verD (@itsverd) on CodePen.

Dalam contoh di atas, setiap blok teks yang diapit oleh tag `<p>` dianggap sebagai satu paragraf. Penggunaan paragraf membantu memecah teks menjadi unit-unit yang lebih mudah dicerna oleh pembaca.

Penggunaan heading dan paragraf dalam HTML sangat penting untuk memberikan struktur dan keterbacaan yang baik pada halaman web. Dengan memahami hierarki heading dan merapihkan konten menggunakan paragraf, pengembang web dapat menciptakan halaman web yang lebih informatif dan mudah dipahami oleh pengguna. Selain itu, menggunakan struktur yang benar juga dapat membantu dalam optimasi mesin pencari dan aksesibilitas web.

Kamu bisa membaca tutorial-tutorial seperti ini lainnya melalui : Belajar Website

Harap berkomentar dengan bahasa yang baik demi menjaga kondusifitas di kolom komentar. | Let's be respectful to each other in the comments to keep the conversation going.