VerD

Sensor Uji Emisi Sederhana Dengan Sensor MQ-7, MQ-135 dan Arduino

-
Sensor Uji Emisi Sederhana Dengan Sensor MQ-7, MQ-135 dan Arduino

Emisi adalah pencemar udara yang berpotensi menjadi polusi udara dan membahayakan baik alam maupun makhluk hidup. Emisi memiliki banyak macam, salah satunya adalah emisi gas buang.

Emisi gas buang sering kita rasakan dalam kehidupam sehari hari ini karena emisi gas buang merujuk pada gas dan partikel yang dikeluarkan ke udara akibat pembakaran bahan bakar fosil seperti bensin, solar, dan batu bara.

Dengan banyaknya penggunaan kendaraan berbahan fosil saat ini, membuat pencemaran udara yang diakibatkan oleh emisi gas buang makin banyak. Salah satu cara untuk menguranngi atau setidaknya mencegah dampak lebih parah dari pencemaran udara adalah dengan cara melakukan pengujian emisi gas buang pada kendaraan atau lainnya.

Dalam hal ini, kami membuat sebuah alat sederhana untuk melakukan pengujian emisi berupa CO dan CO2 pada udara.

Kami memanfaatkan dua buah sensor gas sebagai sensor untuk membaca gas-gas pada udara, yaitu sensor MQ-7 untuk membaca gas CO dan MQ-135 untuk membaca gas CO2.

Kami memanfaatkan Arduino Nano sebagai kendali utama dan memproses data. Data yang telah diproses kemudian ditampilkan dalam sebuah layar LCD.

Alat yang kami buat memiliki prinsip kerja yang sederhana, dimana sensor akan membaca konsentrasi gas kemudian data akan dikirim ke arduino yang mana nantinya data akan diproses lalu terakhir data akan ditampilkan di layar monitor.

Project yang kami buat ini masih belum maksimal dan mungkin hasil pembacaannya tidak akurat, ini karena kurangnya kemampuan dan pemahaman kami dalam pembuatan alat serupa.

Video Pembuatan

Wiring Diagram

Wiring Diagram
Wiring Diagram

Kode Program

Kami menggunakan beberaoa library seperti Library MQ-7, MQ-135 dan LCD untuk mempermudah penulisan kode

Harap berkomentar dengan bahasa yang baik demi menjaga kondusifitas di kolom komentar. | Let's be respectful to each other in the comments to keep the conversation going.