VerD

Bagaimana Saya "Nyoblos" Untuk Pertama Kalinya

-
Bagaimana Saya Nyoblos Untuk Pertama Kalinya

Tahun 2024 merupakan tahun diadakannya pesta demokrasi akbar di Indonesia, pemilihan umum diselenggarakan untuk memilih pemimpin dari eksekutif dan legislatif. Diperkirakan lebih dari 50% pemilih yang mempunyai hak pilih pada pemilu tahun ini merupakan generasi muda.

Sudah seharusnya bagi warga Indonesia yang berumur 17 tahun atau lebih menggunakan hak suaranya pada pemilu ini. Pun bergitu dengan saya yang tahun ini telah dianggap mempunyai hak untuk memilih para pemimpin di negeri ini untuk lima tahun kedepan.

Ini merupakan cerita bagaimana saya mencoblos untuk pertama kalinya selama hidup saya, mohon dimaklumi jika ada kata maupun ucapan yang sekiranya menyinggung baik kelompok maupun personal.

Rabu 14 Februari 2024 merupakan hari dilaksanakannya pemilu tahun 2024. Sesuai surat undangan yang telah diterima sebelumnya, saya mendatangi TPS untuk memberikan suara saya.

Saya mendatangi TPS sekitar pukul 09:00, terlihat antusias masyarakat yang ingin menyuarakan hak mereka dalam kontestasi politik ini. 

Terlihat dari ekspresi mereka yang terlihat bahagia selain karena akan melakukan pencoblosan juga karena dapat bertegur sapa dengan teman-teman atau kenalan mereka yang mungkin sudah jarang bertemu.

Mengisi waktu sambil menunggu panggilan dari kpps, saya menyempatkan untuk membaca profil para calon di website KPU. Banyak calon yang memiliki visi-misi menarik dan terlihat meyakinkan, namun saya hanya dapat memilih satu diantara mereka.

Saya membulatkan keyakinan saya untuk memilih siapa calon baik legislatif maupun eksekutif yang layak sehingga saat dipanggil oleh panitia saya tidak membutuhkan waktu lama untuk memilih.

Memang awalnya sedikit grogi, terlebih ini merupakan pemilu pertama yang saya ikuti. Namun, saya yakin satu suara dari saya dapat bertampak pada masa depan Indonesia dan tidak ada alasan bagi saya untuk golput dan tidak ikut serta dalam pemilu kali ini.

Inilah kisah singkat yang saya tulis dengan tujuan sebagai memo bahwa ini lah titik dimana saya untuk pertama kalinya memberikan suara untuk memilih pemimpin bangsa Indonesia.

Harap berkomentar dengan bahasa yang baik demi menjaga kondusifitas di kolom komentar. | Let's be respectful to each other in the comments to keep the conversation going.