VerD

Mengetahui Perbedaan Domain, Ekstensi, Hosting dan Link/Tautan

-
Mengetahui Perbedaan Domain, Ekstensi, Hosting dan Link/Tautan

Ditengah berkembangnya zaman ini kita pasti pernah mendengar istilah Domain dan Link (Tautan). Dua istilah itu memang merupakan istilah yang cukup populer di internet. Namun bagaimana dengan ekstensi? apakah pernah mendengarnya?

Kita akan membahas dan belajar bersama mengenai apa pengertian serta perbedaan dari ketiga-nya.

Pertama, domain atau juga disebut dengan nama domain merupakan nama yang mempresentaikan sebuah website yang bisasanya diikuti dengan ekstensi baik .com, .id atau yang lainnya. Misalnya website ini memiliki nama domain itsverd.com, dimana itsverd.com (secara keseluruhan) bisa dikatakan merupakan nama domain sedangkan .com adalah eksetensinya.

Perbedaan Domain, Ekstensi dan Subdomain

Domain ini bisa dikembangkan lagi menjadi subdomain. Subdomain merupakan turunan dari nama domain.

Sebagai contoh bio.itsverd.com merupakan turunan (subdomain) dari itsverd.com dimana penambahan "bio" menjadikannya sebagai subdomain.

Penulisan subdomain dilakukan diawal dilanjutkan dengan titik (dot) dan nama domain.

Selanjutnya, Link/Tautan/URL merupakan alamat yang lebih spesifik yang mengarah pada suatu halaman.

URL atau Uniform Resource Locator memiliki beberapa elemen utama diantaranya adalah protokol yang biasanya ditulis https:// atau http://, dilanjutkan dengan hostname (nama host) atau yang biasa disebut dengan WWW (World Wide Web) namun sifatnya ini opsional, disusul dengan nama domain seperti yang disebut diatas dan terakhir adalah path atau jalur yang menuju ke halaman.

Pada halaman index biasanya tidak dicantumkan path nya, misal halaman depan yang menggunakan url https://domain.com/ alih-alih https://domain.com/index atau semacamnya. Namun ini kembali ke preferensi developer dan kebutuhan website tersebut.

Terakhir adalah hosting, hosting sendiri merupakan tempat dimana data-data sebuah website disimpan. Jika diibaratkan, hosting merupakan rumah yang dimana berisi berbagai macam kebutuhan kita sedangkan domain seperti yang disebutkan diatas adalah alamat dari rumah tersebut.

Hubungan antara domain dan hosting tidak bisa dipisahkan, jika diibaratkan seperti tadi, tidak mungkin kan sebuah alamat tidak menunjukkan ke sebuah tempat pun begitu sebaliknya.

Demikian pengertian serta perbedaan domain, ekstensi, hosting dan link/tautan yang dapat di sampaikan, jika ada kesalahan mohon koreksinya melalui kolom komentar yang disediakan.

Harap berkomentar dengan bahasa yang baik demi menjaga kondusifitas di kolom komentar. | Let's be respectful to each other in the comments to keep the conversation going.